Translate

Minggu, 20 Juli 2014

Islam di Thailand


Islam di Thailand banyak dijumpai di beberapa provinsi wilayah selatan negeri gajah putih ini, antara lain Provinsi Pattani (80%), Yala (68,9%), Narathiwat, Satun (67,8%) juga Songkhla, seluruh provinsi tersebut dahulunya masuk wilayah kerajaan Pattani Raya pada abad ke-12, sebelum kerajaan Sukhotai berdiri. Meskipun Thailand terkenal sebagai negeri Budha, akan tetapi sekarang kerajaan cukup mensupport kehidupan Islam untuk penduduknya. Tanggungjawab masalah berkaitan agama Islam di Thailand diemban oleh seseorang mufti yang memperoleh gelar Syaikhul Islam (Chularajmontree). Mufti ini ada dibawah kementerian dalam negeri serta juga kementerian pendidikan serta bertanggungjawab pada raja. Mufti bertugas buat mengatur kebijakan yg bersangkutan dengan kehidupan muslim, seperti penentuan awal serta akhir bulan hijriyah. Jumlah kaum muslimin di Thailand mencapai 4.6% dengan statistik terbaru sekitar 4 juta dari total 65 juta penduduk, namun Islam menjadi agama mayoritas kedua setelah Buddha.

Sejarah Masuknya Islam

Islam di Thailand mempunyai sejarah tersendiri yang bisa dibilang tragis dan berliku. Mulai dari abad ke-12 dimana Agama Islam menapakkan kakinya di kerajaan Pattani dan kemudian menjadi mayoritas di wilayah tersebut. Proses masuknya Islam di Thailand dimulai sejak kerajaan Siam mengakui sisi kerajaan Pattani Raya (atau lebih dikenal oleh penduduk muslim Thailand sebagai Pattani Darussalam).

Tembat Ibadah

Menurut Kantor Statistik Nasional Thailand pada tahun 2007, negara ini memiliki 3.494 masjid, dengan jumlah terbesar (636) di provinsi Pattani .Menurut Departemen Agama (RAD), 99% dari masjid yang berhubungan dengan Sunni cabang Islam dengan 1% sisanya Syiah.

1. Masjid Darul aman




Masjid Darun aman (Thai: มัสยิดดารุลอามาน atau Thai: มัสยิดบ้านฮ่อ) adalah sebuah masjid yang berada di Mueang Chiang Rai Thailand. Masjid ini adalah salah satu dari banyak masjid di Thailand bagian utara. Masjid ini dibangun oleh orang Hui dari Cina atau kira-kira dikenal sebagai Chin Haw di Thailand.
Bangunan baru masjid baru saja dibuka pada tanggal 27 Desember 2009 menggantikan yang lama. Ini menunjukkan campuran antara arsitektur Cina dan arsitektur Islam . Struktur utama sangat dipengaruhi oleh arsitektur Persia dengan dekorasi Cina. Ujung dari dua menara berbentuk mirip atap paviliun khas Cina tidak seperti menara masjid umumnya . Biaya total pembangunan gedung baru ini sekitar 20 juta Baht.

2. Masjid Jawa (Bangkok)

 

 Masjid Jawa adalah sebuah masjid yang berada di Bangkok thailand. Masjid ini disebut masjid Jawa karena memang didirikan oleh orang jawa di Bangkok.Masjid ini didirikan di atas tanah wakaf milik Haji Muhammad Saleh, perantauan Jawa pada tahun 2448 dalam tahun Thailand atau sekitar tahun 1906.

Letak masjid ini di daerah Sathorn, Bangkok, Thailand tepatnya beralamat di jalan Soi Charoen Rat 1 Yaek 9. Masjid dapat dicapai dari Stasiun BTS Surasak melalui gang di samping St Louis Hospital. Kawasan sekitar masjid yaitu Soi Charoen Rat merupakan kawasan yang dihuni oleh banyak masyarakat Melayu dan banyak keturunan dari perantauan orang Jawa.

3. Masjid Krue Se (Pattani)

 
Masjid Krue Se (Malay: Masjid Kerisek, Thai: มัสยิดกรือเซะ) adalah sebuah masjid di Provinsi Pattani Thailand Masjid ini pertama dibangun pada tahun 1583, tapi tidak pernah selesai karena perebutan kekuasaan antara Sultan Pattani dan saudaranya. Struktur bangunan yang ada sekarang ini adalah bangunan yang sama sejak abad ke-18. Masjid ini berarsitektur campuran Eropa dan Timur Tengah.

4. Masjid Kamala



Salah satu masjid yang sempat saya kunjungi adalah Masyid Kamala atau Kamala Mosque, yang terletak tak jauh dari Ban Kamala dan Pantai Kamala,tepat di depan kantor Kecamatan. Shalat jama’ Dhuhur dan Ashar di masjid ini sungguh menenangkan hati sekaligus juga mendinginkan tubuh setelah mengendarai motor mengelilingi pulau di bawah teriknya matahari.
Masjid yang terbuat dari marmer berwarna abu-abu dan merah ini berdiri tegak di tengah pemukiman padat penduduk. Kamala juga merupakan wilayah dengan populasi Muslim karena kami banyak melihat tanda masjid serta warung halal.

5. Masjid  Nuruddee Neeyah


Masjid Nuruddee Neeyah (นัสยิดนูรุดดีนียะฮ์ ตำบลราไวย์ อำเภอเมืองถูเก็ต ถูเก็ต ประเทศไทย) Masjid ini terletak di daerah Chalong, berada di jalan utama bila anda hendak menuju ke Pantai Rawai ataupun Promthep Cape. Masjid ini sangat indah dengan kubah berwarna keemasan dan marmer putih. Di depannya ditanami pohon palem untuk memberikan sedikit karakter Timur Tengah, namun juga terdapat banyak pohon anggrek yang mencirikan Thailand.

6. Masjid Al Ishlah (Koh Phi Phi)



Masjid Al-Islah memegang peranan penting di Phi Phi Don, karena merepresentasikan kerendahan manusia di hadapan Sang Pencipta. Masjid ini terletak di timur pulau, di dekat sebuah pantai indah yang dinamakan Hat Rante tempat turis dan warga lokal berenang dan berselancar. Dahulu penduduk lokal melarang pembangunan hotel dan penginapan di sekitar majid, namun kini karena alasan ekonomis, hotel dan penginapan dibiarkan berdiri di sekeliling kompleks masjid.
Bersembahyang berjamaah di masjid ini merupakan aktivitas yang biasa dilakukan, namun hal itu semakin terasa setelah bencana tsunami tahun 2004. Marilah seperti warga Phi Phi, ketika cobaan tidak menjauhkan kita dari Allah, justru makin mendekatkan kita pada-Nya.

7. Masjid Darul Ibadah


Darul Ibadah merupakan masjid terbesar di Pattaya. Bersebelahan dengan gereja yang dibatasi oleh tembok besar. Halamannya sangat luas. Di area Masjid juga terdapat pesantren dan sekolah TK & TPA. Masjid ini berada di Sukhumvit Road,Pattaya.

8. Masjid Darul Aubaror




Masjid Darul Aubaror atau masjid darul abror ini terletak di kawasan
Sukhumvit Pattaya,masjid ini berwarna kream pada dan di dominasi warna hijau pada bagian.


 

Masjid ini berada di kawasan Sukhumvit Road dan masjid ini berwarna putih dan di dominasi berwarna krem dan hijau tua,di depan masjid terdapat beberapa pohon timur tengah dan di atas papan nama masjid itu terdapat beberapa bendera termasuk bendera negara thailand.

10. Masjid Tonson


Masjid Tonson ini berada di kawasan Soi Wat Hong Rattanaram, Arun Ammarin Road, Bangkok Yai,masjid ini dibangun saat masa Ayutthaya 1688 dan merupakan salah satu masjid terbesar di Bangkok. Masjid ini berwarna putih pada dinding dan didominasi warna kream,hijau tua dan emas.

11. Masjid Bang Luang


Masji Bang Luang berada di kawasan oi Wat Kanlaya, Tessaban sai 1 Road, Bangkok Yai,Masjid ini dibangun pada masa Raja Taksin (1767), dengan keunikan paduan arsitektur Thai dan Islam. 

12.

 

Masjid ini saya tidak tahu namanya dan masjid ini berada di suan luang,Bangkok.

13. Masjid Sentral


Central Mosque of Pattani Province, Thailand

Masjid sentral ini berada di Pattani,masjid ini sangat besar dan berwarna putih merah bata pada dinding,abu-abu dan warna jihau pada kubahnya.

14. Masjid Darul Aman


Masjid Darul Aman berada di  daerah Pratunam-Petchburi dekat KBRI.

Ok! hanya 14 masjid dari 3.494 masjid yang saya ketahui...




Tidak ada komentar:

Posting Komentar